Robot Maskot Evolta Berjalan dari Tokyo Ke Kyoto

Selasa, 23 November 2010

Sebagai aksi publisitas untuk menunjukkan daya tahan baterai Evolta, robot maskot Panasonic akan melakukan hiking melalui Toukaidou Road yang bersejarah sejauh 500 kilometer dari Tokyo ke Kyoto.
 
 
Humanoid Evolta, yang desain barunya dimaksudkan untuk menyerupai musafir kuno yang menarik kereta dua roda, berukuran setinggi 17 cm dan panjang 40 cm. Sebagian besar dirakit dari plastik ringan, serat karbon dan titanium, robot ini beratnya sekitar 1 kg. Robot ini didukung oleh 12 baterai AA dan dioperasikan dengan remote control, dan ia dapat melakukan perjalanan dengan laju 3 sampai 5 kilometer per jam. Jika semua berjalan sesuai jadwal, robot ini akan menyelesaikan perjalanannya pada tanggal 10 Desember, setelah 49 hari berjalan.
 
Seperti yang dikutip megindo.net dari http://pinktentacle.com, robot Evolta sudah tidak asing dengan tantangan daya tahan. Pada bulan Mei 2008, maskot bertenaga baterai ini telah mendaki setinggi 530 meter melalui tali yang tergantung dari tebing Grand Canyon, dan pada bulan Agustus 2009 ia melaju non-stop selama 24 jam mengelilingi sirkuit balap Le Mans, yang meliputi jarak 23,7 kilometer. Setiap prestasinya memperoleh rekor Guinness World Record.
 
Robot Evolta di Grand Canyon (2008)
 
Robot Evolta di Le Mans (2009)
 
 
Versi saat ini dan sebelumnya dari humanoid ini diciptakan oleh ahli robot terkenal Tomotaka Takahashi, pendiri Robo-Garage dari Universitas Kyoto. Robot baru ini memiliki desain seperti roda dalam kandang hamster untuk memfasilitasi pergerakan pada permukaan yang tidak rata, serta kereta berisi baterai yang ditarik tangannya. Baterai akan diisi ulang sekali per hari sepanjang perjalanannya.   Oleh: [Asun/Megindo.net]

0 komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme